Untuk bisa sukses beternak ayam petelur, keuletan memang merupakan modal utamanya. Coba anda bayangkan, kita bisa mengetahui untung atau rugi dalam satu periode beternak ayam petelur itu setelah ayamnya di afkir, padahal waktu yang dibutuhkan mulai dari doc sampai afkir ini bisa sampai 20-24 bulan. Sangat berbeda dengan jenis pekerjaan jual-beli, hari ini kita beli, hari ini kita jual, langsung sudah bisa kita kalkulasi untung ruginya.

Oleh karena itu, dalam beternak ayam petelur ini kita harus benar-benar berhati-hati dalam mengelola mangement keuanganya. Selisih harga jual telur dan harga pakan hari ini belum merupakan keuntungan bersih. Bulan ini kita bisa memperoleh selisih yang lumayan, tetapi kita juga tidak tahu yang akan terjadi di bulan depan. Keuntungan baru bisa rasakan jika kita sudah melakukan regenasi dengan jumlah yang sama dari populasi produksi kita.

Ulet dalam beternak bukan berarti hanya menekuni satu jenis pekerjaan saja, ternak ayam petelur sebenarnya merupakan satu pekerjaan yang banyak memberikan keuntungan untuk kita dalam hal banyaknya sisa waktu dan tenaga yang bisa kita manfaatkan untuk berpikir lebih cerdas dan kreatif. Kalau kita sehari-hari hanya menggunakan waktu kita untuk mengurusi ternak kita saja tentu hal ini akan menyebabkan perkembangan usaha kita menjadi sangat lambat. Terutama jika populasi kita masih dibawah 5000 ekor.

Jika anda memiliki keahlian maka bisa anda memanfaatkan keahlian anda tersebut untuk memanfaatkan waktu luang yang ada. Jika anda mempunyai naluri bisnis, anda juga bisa mulai mengembangkan bisnis untuk hal yang anda pahami, jangan hanya sekedar ikut-ikutan, Tetapi jika anda merasa kurang memiliki keahlian dan naluri bisnis yang baik, anda masih bisa memanfaatkan sisa lahan dan limbah peternakan yang ada untuk mendapatkan penghasilan sampingan.

Sebagai gambaran, saya menyenangi mengembangkan ternak untuk hobi, seperti ayam serama, ayam bangkok dan teknik penetasan. Ternyata apa yang saya kembangkan ini bisa mendapatkan hasil yang sangat jauh dari sekedar yang pernah saya bayangkan. Yang jelas dalam usaha ternak ayam petelur ini banyak sekali peluang usaha yang masih bisa kita optimalkan dengan sisa waktu dan tenaga yang ada. Semoga sedikit uraian saya ini bisa bermanfaat untuk memotivasi anda bekerja dengan cerdas dan kreatif.

- be your self and the world be yours -
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: