Sapi Bos Taurus Indicus.

Sapi bos taurus indicus yaitu sapi-sapi yang berasal dari asia dan afrika dengan ciri khas berkelasa/berpunuk.



Sapi sahiwal

Sapi sahiwal adalah bangsa sapi perah terbaik di india dan pakistan. Adapun karakteristiknya sebagai berikut:

  • Tahan terhadap caplak dan suhu lingkungan yang tinggi serta mempunyai ketahanan yang tinggi terhadap parasit, baik internal maupun eksternal.
  • Rata-rata produksi susunya 2.270 liter/laktasi
  • Warna tubuhnya cukup bervariasi, dari cokelat kemerah merahan sampai merah dengan variasi putihbpada lehernya.
  • Warna tubuh jantan pada kepala, leher dan ekor lebih gelap.
  • Rata-rata produksi susunya mencapai 2.270 liter/laktasi dengan kadar lemak 4,3 - 6%.
Sapi Red Sindhi

Sapi ini juga sering dikenal dengan nama sapi mahir atau red karachi. Asal sapi ini dari karachi pakistan. Adapun karakteristiknya sebagai berikut:

  • Warna tubuhnya merah hingga kekuningan, kadang terdapat warna putih pada dahi.
  • Ukuran tubuh medium dengan telinga panjang.
  • Rata-rata produksi susunya mencapai 3,200 liter/ laktasi dengan kadar lemak 4,1 %


Bangsa Sapi yang dibentuk di Australi.



Sapi Australian Milking Zebu (AMZ)

AMZ dikembangkan di Australia oleh The Commonwealth Scientific and Industrial Researceh Organization (CSIRO) pada tahun 1950. Bangsa sapi ini merupakan persilangan dari sapi sahiwal, sapi red shindi dan sapi jersey. seleksi sapi dilakukan berdasarkan ketahananya terhadap suhu lingkungan, caplak, dan produksi susu yang tinggi. adapun karakteristik sapi ini sebagai berikut:

  • Produksi susu rata-rata 2.700 liter selama 12 bulan, sedangkan persilangan sapi AMZ dengan sapi FH dapat berproduksi lebih tinggi.
  • Kandungan protein dalam susu AMZ terbilang tinggi, yaitu 3,5-4%
Sapi Australian Friesian Sahiwal (AFS)

Sapi AFS dikembangkan di quensland, australia yang diperuntukan bagi daerah tropis pada tahun 1960. Bangsa sapi ini merupakan persilangan dari sapi sahiwal, sapi Zebu dari pakistan, dan sapi autralian holstein friesian dengan seleksi tahan caplak dan suhu lingkungan yang tinggi. Produksi susu rata-rata 3.000 liter/laktasi dengan kadar protein 3,4% dan lemak 4 %.



Sapi Jamaica hope

Sapi jamaica hope merupakan bangsa sapi yang dikembangkan oleh hope farm pada tahun 1910. Bangsa sapi ini merupakan persilangan dari berbagai bangsa dan mempunyai turunan 80% sapi jesrsey, 15 % sapi Zebu dan 5 % sapi holstein. Produksi susunya mencapai 2.500 liter/laktasi dengan bobot badan sekitar 500kg.



Bangsa Sapi Dual Purpose

Sapi dual purpose atau sapi dwi guna yaitu sapi yang memiliki produksi susu tinggi dan kualitas dagingnya juga sama dengan bangsa sapi potong. Ada dua bangsa sapi dualpurpose, yaitu sapi milking shorthorn, sapi red poll dan sapi devon.



Sapi milking shortorn

Tubuh sapi ini berwarna merah, putih atau kombinasi keduanya (roan). Bangsa sapi ini yang bertanduk dan ada pula yang tidak bertanduk. Bentuk badanya seperti baji karena dapat menghasilkan daging. Produksi susunya bisa mencapai 4.000 liter/laktasi dengan kadar lemak 3,5%.



Sapi red poll

Bangsa sapi ini banyak diternakan di missisipi, amerika, merupakan hasil persilangan dari sapi norflolk dan sapi suffolk. Tubuhnya dominan berwarna merah, yaitu dari merah cerah sampai merah gelap. Umumnya, bangsa sapi ini bertanduk. Produksi susunya mencapai 4.500 liter/laktasi dengan kadar lemak 3,5 %.



Sapi devon

Sapi ini merupakan bangsa sapi dulla purpose yang berasal dari inggris. Saat ini banyak diternakan di amerika selatan dan australia. Devon merupakan bangsa sapi tipe kecil dengan ciri warna merah bertanduk. Produksi susunya dapat mencapai 4.000 liter/laktasi dengan kadar lemak 3,8%

Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: