Selama ini peternak layer terkesan konservatif, susah menerima sesuatu hal yang baru baik teknis maupun non teknis (pemasaran produk meliputi telur, ayam dan scrab material). Dalam hal non teknis, sikap konservatif ini bisa dibilang sudah tidak jamannya, seiring dengan maraknya penggunaan internet, dunia perteluran pun tidak mau ketinggalan hal ini bisa dilihat dari banyaknya situs yang menyediakan konten seputar teknis pemeliharaan, jual beli sapronak dan seputar perkembangan harga telur bahkan yang saya sebut terakhir menjadi salah satu konten paling menarik dan mampu mendatangkan trafik yang cukup banyak.

Fenomena ini semakin menjadi luar biasa setelah situs jejaring sosial (facebook) yang semakin mudah dan murah di akses. Setiap hari, pelaku bisnis ini mengupdate statusnya yang tidak jauh-jauh dari bisnis telur, bahkan banyak diantaranya yang membikin grup khusus tentang perteluran.

Banyaknya informasi perkembangan harga telur yang masuk, tak pelak bisa membuat kita bingung dan kesulitan dalam membuat keputusan. Hal ini terjadi karena sumber informasi harga seringnya simpang siur, maklum banyak sekali pihak-pihak yang berkepentingan, peternak sebagai produsen tentu selalu menginginkan harga tertinggi, sedang pedagang maunya selalu mendapatkan harga terendah pada saat membeli dari peternak dan menjual dengan harga setinggi mungkin, sehingga informasi yang diberikan dari pedagang atau Poultry Shop(PS) sulit untuk bisa dijadikan acuan, tetapi hal seperti ini wajar saja karena memang tujuan pedagang atau PS adalah memperoleh keuntungan dari sebuah transaksi jual beli, sepertinya hanya pedagang yang frustasi saja yang mau memberikan informasi harga turun kepada pelangganya pada saat stoknya belum keluar dan memberikan informasi kenaikan harga kepada peternak sebelum jadwal pengambilan telur dari peternaknya. Dari sinilah maka sangat dibutuhkan sumber informasi yang betul-betul independen dan bisa dipercaya, sebagai acuan harga baik bagi peternak maupun pedagang.

"Kuasai informasi, kuasai pasar". Pepatah tersebut tepat untuk diaplikasikan pada bisnis ini. Seperti diketahui, salah satu kesempatan untuk mendapatkan margin yang lumayan dalam bisnis ini terletak pada momentum harga pasar berfluktuasi naik, dan untuk bisa mengambil keputusan "stock" atau "jual" dengan harga yang tepat dibutuhkan informasi pasar yang akurat

Ada beberapa hal yang musti diperhatikan dalam usaha mengumpulkan informasi harga agar dalam pengambilan keputusan tepat dan sesuai yang diharapkan.

Akurat
, pastikan keakuratan informasi yang masuk diperoleh dari sumber informasi yang sudah terbukti dipercaya sebagai referensi baik oleh pedagang maupun peternak secara nasional, karena perkembangan informasi dari sumber informasi yang digunakan sebagai acuan secara luas, sangat besar pengaruhnya terhadap pergerakan harga pasar.

Cepat,
semakin cepat mendapatkan info semakin besar peluang untuk mendapatkan apa yang diinginkan dan sebaliknya akan kurang maksimal hasilnya jika keakuratan info yang diterima sudah terlambat. Ada yang mau mencoba untuk menjadi yang terlambat????

SMS Info Central Unggas adalah media informasi yang independen dan bekerja secara profesional yang tidak berorientasi mencari keuntungan dari sebuah proses jual beli telur, sehingga sampai saat ini terus berkembang menjadi media informasi perkembangan harga telur yang terpercaya . Dengan terus bertambahnya member sms info , baik dari kalangan pedagang maupun peternak dari berbagai daerah di Indonesia, maka perkembangan informasi harga naik maupun turun dari sms server central unggas akan sangat besar pengaruhnya terhadap terbentuknya harga pasar. Hal inilah yang menjadi faktor penting bagi pedagang maupun peternak untuk selalu mengikuti update informasi dari sms server Central Unggas.

0 comments so far,add yours