Kebutuhan masyarkat akan telur mungkin bisa kita bagi dalam beberapa macam, antara lain telur sebagai lauk pauk rumah tangga, telur sebagai lauk pauk di warung, hotel, ruma makan, pabrik dll. Dan yang satu lagi yang tak kalah besarnya telur sebagai salah satu bahan konsumsi pada acara-acara hajatan di masyarakat.

Daya serap telur sebagai bahan konsumsi rumah tangga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Permintaan masyarakat terhadap telur ini akan turun jika ada substitusi atau pengganti dari telur yang harganya cenderung lebih murah, misalnya pada saat harga daging ayam murah atau harga ikan laut sedang murah. Hal ini tentu saja akan berpengaruh besar terhadap daya beli masyarakat terhadap telur. Masyarakat akan cenderung mengganti telur ini dengan lauk pauk lain yang harganya cenderung lebih murah. Sedangkan kebutuhan telur untuk rumah makan, pabrik dan instansi ini cenderung lebih stabil. Karena kebutuhan telur bagi mereka ini sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus ada, maka tidak terpengaruh harga mahal atau murah, telur harus tetap tersedia.

Kemudian yang berpengaruh besar terhadap daya serap telur yang lainnya adalah banyaknya acara-acara hajatan di masyarakat. Terutama acara-acara ini banyak terjadi di jawa. Hal ini bisa di cermati dengan melihat kalender jawa. Pada bulan-bulan tertentu yang dianggap bulan baik dimasyarakat maka akan banyak sekali acara-acara hajatan yang akan digelar.

Salah satunya adalah bulan besar, masyarakat percaya bahwa pada bulan besar adalah bulan yang baik dalam melaksanakan hajatan. Sehingga banyak sekali masyarakat jawa yang menggelar hajatan di bulan besar ini, sehingga bisa dipastikan bahwa permintaan telur pada bulan besar ini akan banyak mengalami kenaikan dibanding dengan bulan sebelumnya. Hanya saja yang sering keliru persepsi tentang permintaan pasar dari para pedagang atau peternak di bulan besar adalah, biasanya mereka menganggap bahwa permintaan puncak itu pada hari raya qurbannya, padahal justru pada saat hari raya qurban dan beberapa hari sesudahnya itu permintaan telur kecil sekali, hal ini dikarenakan banyaknya peredaran daging qurban yang ada dimasyarakat.

Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: