Peremajaan bertujuan untuk mempertahankan kelangsungan produksi. Dengan peremajaan, peternak berupaya untuk mengganti kelompok ayam lama yang telah mengakhiri masa produksinya dengan kelompok ayam baru yang akan mempertahankan kelangsungan produksi. Bertolak dari hal tersebut, program peremajaan merupakan kegiatan yang mutlak harus dilaksanakan secara rutin oleh peternak.

Untuk mempersiapkan kelompok ayam baru dalam rangka peremajaan, perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
  1. Target produksi
  2. Sarana dan prasarana
  3. Waktu peremajaan dan peluang pasar.
Pada waktu peternak melaksanakan peremajaan, target populasi yang akan dicapai harus disesuaikan dengan sarana kandang yang tersedia. Jika kandang yang tersedia pada suatu usaha peternakan berkapasitas 6000 ekor dengan program peremajaan sebanyak 3 kali dalam 1 tahun, maka pembelian kelompok ayam baru sebagai pengganti kelompok lama di upayakan berjumlah 2000 ekor, tidak bisa lebih atau kurang. Sebab jika dibeli kelompok ayam dalam jumlah yang melebihi populasi tersebut, maka akan menyulitkan peternak itu sendiri, karena kelebihan populasi tidak akan tertampung oleh sarana kandang yang tersedia. Sebaliknya, jika kelompok ayam baru yang dibeli tersebut kurang dari target, maka sebagian kandang menjadi tidak terisi, yang berarti secra ekonomis kurang menguntungkan.

Target populasi di seluruh kandang sesuai jadwal hanya mungkin terlaksana jika sarana dan prasarana pembesaran atau perawatan yang meliputi kandang grower, dengan segala peralatanya memadai. Dengan alasan semacam ini, maka sebagai persiapan peremajaan mutlak dipersiapkan sarana kandang dengan segala perlengkapanya.

Waktu atau jadwal peremajaan ayam pada umumnya telah diprogramkan oleh peternak. Jika peternak memprogramkan 3 kali peremajaan dalam satu tahun, minimal satu kelompok peremajaan dapat disesuaikan dengan peluang pasar yang sekiranya sangat menguntungkan. Peluang pasar yang baik dinegara kita terutama terjadi disekitar hari raya lebaran, Natal dan tahun baru. Oleh karena itu, apabila peternak ingin memanfaatkan peluang pasar yang menguntungkan tersebut, maka sebaiknya kelompok ayam baru yang akan menggantikan kelompok lama harus dibeli sekitar 8 bulan sebelum hari raya tiba.



0 comments so far,add yours