Pada saat ini harga telur arab atau biasa juga disebut dengan telur ayam kampung relatif mahal. Tentu saja kondisi seperti ini memicu para peternak untuk mengembangkan populasinya. Selain itu, tentu banyak juga peternak baru yang tertarik untuk memulai usaha peternakan ayam kampung petelur ini.

Kebanyakan untuk peternak lama yang mengembangkan jumlah populasinya memulai memelihara dari DOC. Hal ini dikarenakan biaya yang dikeluarkan tidak langsung besar. Sehingga pengembangan populasi ini ditanggung sedikit demi sedikit oleh populasi dari ayam yang sudah berproduksi.

Berbeda dengan para peternak pemula. Biasanya mereka merasa kurang yakin jika memulai usaha peternakan ayam ini dengan memelihara dari doc. Kebanyakan para peternak pemula ini langsung membeli ayam remaja atau pulletnya. Hal ini wajar saja, karena peternak pemula tentu akan takut resiko kematiannya jika pemeliharaan di mulai dari doc. Selain itu, para peternak pemula cenderung ingin segera mendapatkan keuntungan dari hasil ternaknya.

Biaya yang dikeluarkan untuk pembelian pullet ini memang berbeda jauh jika dibandingkan dengan memelihara sendiri, bisa selisih 5000 sampai dengan 15000 tergantung dari umur ayamnya. Hal ini dikarenakan pemeliharaan ayam dari doc sampai remaja memiliki resiko kematian yang cukup tinggi. Oleh karena itu kebanyakan para peternak lama biasanya untuk pengembangan populasi memelihara mulai dari doc nya, selain untuk menhemat biaya produksinya juga untuk menjamin bahwa kualitas ayamnya bisa di pastikan.

Kualitas produksi ayam arab atau kampung petelur ini sangat ditentukan oleh masa pemeliharaan dari doc hingga remaja. Pakan yang diberikan harus sesuai dengan standard yang dibutuhkan. Jika kualitas pakan yang diberikan tidak terpenuhi bisa dipastikan pada saat produksi nanti tidak bisa optimal. Disinilah para peternak pemula harus pandai memilih suplier yang bisa dipercaya kualitas pulletnya. Jangan asal membeli murah saja. Bisa saja harga murah tersebut dikarenakan kualitas pakan yang diberikan asal-asalan. Karena kualitas pakan selama pemilharaan dari doc sampai remaja baru bisa diketahui pada saat ayam sudah mencapai puncak produksi.


Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: