Suatu hal yang perlu diingat adalah laboratorium hanya mendapatkan keterangan dari material yang dikirimkan. Petugas laboratorium bukan seorang ahli meramal. Sejarah kasus yang lengkap dan ketelitian dalam memilih material untuk pemeriksaan laboratorium akan sangat membantu menyelesaikan pekerjaan di laboratorium.

Sedikitnya 6 ekor ayam yang menunjukkan gejala khas dikirim ke laboratorium. Jika ada kematian, bangkai ayam yang sudah mati juga harus dipilih untuk dapat dikirim ke laboratorium. Material bahan pemeriksaan laboratorium sebaiknya selekas mungkin diirim dan diletakkan pada wadah yang di isi es (dingin).

Beberapa prosedur pemeriksaan laboratorium memerlukan waktu beberapa hari atau minggu untuk mendapatkan keterangan yang selengkap-lengkapnya. Karena itu diperlukan diagnosa sementara dan tindakan pengobatan (jika perlu) berdasarkan pada hasil pemeriksaan atau keternagan dari peternakan, tanpa harus menunggu penegasan diagnosa dari laboratorium.

Pemeriksaan dari laboratorium menjadi sangat penting artinya untuk membedakan beberapa penyakit yang mempunyai gejala atau tanda yang sama. Misalnya Newcastle Disease, Infectious Bronchitis, CRD, Collibacillosis, korisa dll. Hasil pemeriksaan laboratorium harus diketahui oleh klinikus yang mengirimkan material bahan pemeriksaan laboratorium. Hal ini terutama penting untuk tindakan pencegahan.


Sumber:
Petunjuk Mendiagnosa Penyakit Ayam - Medion





0 comments so far,add yours